Visi Fakultas Sains, Teknologi dan Ilmu Kesehatan
Pada Tahun 2035 menjadi fakultas yang Berdaya Saing, Unggul, dan berkarakter dalam penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Kepulauan
Misi Fakultas Sains, Teknologi dan Ilmu Kesehatan
PROGRAM STUDI ILMU KOMPUTER
Visi Program Studi Ilmu Komputer:
“Menjadi Program Studi yang Unggul, Inovatif dalam pengembangan sumber daya manusia bidang teknologi informasi dan komunikasi berjiwa Entrepreuneur di Daerah Kepulauan pada Tahun 2035.”
Penjabaran Visi Program Studi Ilmu Komputer yang telah disebutkan di atas memiliki 4 kata kunci, yaitu:
Unggul | Memiliki kemampuan dalam berpikir kritis, daya kreativitas tinggi, berkomunikasi aktif serta mampu berkolaborasi dengan baik dengan memanfaatkan teknologi informasi. |
Inovatif | Memiliki kemampuan dalam mendayagunakan keahlian untuk menghasilkan karya baru dan berkesinambungan di bidang ilmu komputer. |
Entrepreuneur | Perencana yang memiliki kemampuan untuk terus menerus membuka wawasan, sensitif terhadap peluang dan memperhatikan isu-isu yang jadi topik pembahasan terkini terhadap perkembangan teknologi 5.0. |
Daerah Kepulauan | Daerah yang memiliki karakteristik secara geografis dengan wilayah lautan lebih luas dari daratan yang didalamnya terdapat pulau-pulau yang membentuk gugusan pulau sehingga menjadi satu kesatuan geografis dan sosial budaya secara sudut pandang visual Geographic Information System (GIS) |
Misi Program Studi Ilmu Komputer:
Tujuan Program Studi Ilmu Komputer:
Profil Lulusan Prodi Ilmu Komputer
Program Studi Sarjana Ilmu Komputer di bawah naungan Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan UNIDJAR. Program Studi ini memberikan kesempatan kepada para calon mahasiswa untuk mendapatkan pendidikan dan keahlian di bidang Ilmu Komputer pada tingkat sarjana. Program ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan terhadap tenaga-tenaga yang terampil dan profesional pada bidang Ilmu Komputer di Daerah Kepulauan. Berikut disajikan profil lulusan Program Studi Ilmu Komputer di UNIDJAR:
No | Profil Lulusan | Deskripsi |
1 | Enterpreuneur dalam bidang Teknologi Informasi/Technopreuneur | Mempunyai pengetahuan dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menjalankan bisnis secara digital di Daerah Kepulauan |
2 | Computer Application Programmer | Pengembang aplikasi yang mempunyai kemampuan dalam mendefinisikan kebutuhan pengguna atau pasar sesuai kondisi geografis daerah kepulauan terhadap kinerja berbasis komputer. Sistem yang dikembangkan dapat berupa sistem yang berjalan di perangkat mobile, web base maupun desktop |
3 | Programmer Multimedia
|
Mampu mengolah media teks, gambar, suara untuk menghasilkan sebuah aplikasi berbasis multimedia seperti games, media pembelajaran, maupun program komputer. |
4 | System Analyst
|
Mampu menganalisis sistem, memilih alternatif pemecahan masalah, dan dapat menyelesaikannya melalui program aplikasi. |
5 | Data Science
|
Memiliki kemampuan mengumpulkan data dari berbagai sumber data, menganalisis dan memvisualisasi data tersebut sehingga menghasilkan sebuah pengetahuan. |
BIAYA PENDIDIKAN
Struktur Kurikulum Program Studi Ilmu Komputer
Semester | Nama Mata Kuliah1 | Bobot sks2 | |
Teori | Praktik | ||
I | 1 Agama | 2 | 0 |
2 Pancasila | 2 | 0 | |
3 Bahasa Indonesia | 2 | 0 | |
4 Bahasa Inggris | 2 | 0 | |
5 Dasar-Dasar Pemograman 1 | 2 | 1 | |
6 Fisika Dasar | 2 | 1 | |
7 Pengantar Sistem Digital | 2 | 1 | |
8 Algoritma Pemograman 1 | 2 | 1 | |
Total Semester I | 16 | 4 | |
II | 1 Kewarganegaraan | 2 | 0 |
2 Aljabar Linier dan Matriks | 3 | 0 | |
3 Dasar-Dasar Pemograman 2 | 2 | 1 | |
4 Algoritma Pemograman 2 | 2 | 1 | |
5 Pendidikan Antikorupsi | 3 | 0 | |
6 Matematika Diskrit | 3 | 0 | |
7 Kecerdasan Buatan | 3 | 0 | |
8 Pengantar Organisasi Komputer | 2 | 0 | |
Total Semester II | 20 | 2 | |
III | 1 Sistem Operasi | 2 | 1 |
2 Basis Data | 2 | 1 | |
3 Struktur Data | 2 | 1 | |
4 Manajemen SDM | 2 | 1 | |
5 Pemograman Berbasis Objek | 2 | 1 | |
6 Soft Skill dan Budaya Lokal *) | 2 | 0 | |
7 Elektronika Analog dan Digital | 3 | 0 | |
8 Riset Operasi | 2 | 0 | |
Total Semester III | 16 | 6 | |
IV | 1 Ilmu Sosial Budaya Dasar | 2 | 0 |
2 Rekayasa Perangkat Lunak | 2 | 1 | |
3 Teori Bahasa dan Automata | 2 | 1 | |
4 Basis Data Lanjutan | 2 | 1 | |
5 Pembelajaran Mesin | 2 | 1 | |
6 Pemograman Berorientasi Objek | 2 | 1 | |
7 Metode Rekayasa Perangkat Lunak | 2 | 1 | |
Total Semester IV | 14 | 6 | |
V | 1 Analisis dan Perancangan Sistem | 3 | 0 |
2 Data Warehouse | 2 | 1 | |
3 Metodologi Penelitian | 3 | 0 | |
4 Desain Komunikasi Visual | 2 | 1 | |
5 Manajemen Proyek | 2 | 0 | |
6 Analisis Algoritma | 2 | 1 | |
7 Logika Fuzzy | 2 | 1 | |
Total Semester V | 16 | 4 | |
VI | 1 Sistem Informasi Kepulauan**) | 1 | 1 |
2 Kriptografi dan Keamanan Informasi | 2 | 1 | |
3 Sistem Pendukung Keputusan | 3 | 0 | |
4 Administrasi Jaringan | 2 | 1 | |
5 Proyek Sistem Informasi Manajemen | 2 | 1 | |
6 Pengolahan Citra Digital | 2 | 1 | |
7 Pembelajaran Mesin Mendalam | 2 | 1 | |
Total Semester VI | 14 | 6 | |
VII | 1 Kerja Praktek | 0 | 3 |
2 Teknik Kompilasi | 2 | 1 | |
3 Kewirausahaan & Etika Profesi | 2 | 0 | |
4 E-Business | 2 | 1 | |
5 Kuliah Kerja Nyata (KKN) | 0 | 4 | |
Total Semester VII | 6 | 9 | |
VIII | 1 Skripsi | 0 | 6 |
Total Semester VIII | 0 | 6 | |
Total sks | 101 | 44 |